1. Sejarah Singkat Sutan Raja Hotel and Convention Centre

Description: depan.jpg
Gambar 2.1 Sutan Raja Hotel and Convetion Centre
Sumber:doc hotel

Sutan Raja Hotel berlokasi yang terletak di JL.Raya Soreang No. 10 Km. 17 Bandung, pada tahun 2010 mulailah di bangun Sutan Raja Hotel & Convention Centre, dan pada tanggal 11 November 2013, Sutan Raja Hotel & Convention Centre dapat di resmikan oleh Bupati Bandung Bapak H. Dadang M. Naser SH. S. Ip, dan Presiden Komisaris PT. Panca Putra Group Bapak Sutan Raja DL. Sitorus beserta keluarga. Hotel ini kini berdiri megah dengan pemandangan gunung Hulu dan matahari terbit di atas perkebunan teh Rancabali, dan danau Patenggang ke kawah putih Ciwidey. Sutan Raja Hotel & Convention Centre adalah salah satu hotel dengan fasilitas yang mewah dan lengkap di kabupaten Bangdung Selatan. Hotel ini menyediakan kebutuhan anda untuk bisnis dan liburan. Hotel ini memiliki nama “Sutan Raja Hotel And Convetion Centre”  yang mengemukakan bahwa hotel ini mempunyai banyak ruang meeting, dan banyak terjadi pertemuan pertemuan antara pejabat pejabat di negara ini. Sutan raja hotel memiliki ciri khas yang di dalam hotel tersebut memakai tema kerajaan kerajaan di indonesia dari mulai arsitektur, wallpaper, tema, nama nama ruang meeting dan sebagainya.

  1. Sarana dan Fasilitas Hotel
    Sarana dan fasilitas hotel yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan tamu begitu beragam diantaranya yaitu:
1. Rooms
Gambar 2.1 Tabel Room Type

Room Type
Total Room
Price
Size
Superior
109
Rp.850.000++
38,65 m²
Deluxe
15
Rp. 1.050.000 ++
48,22 m²
Grand  Deluxe
41
Rp. 1.200.000 ++
50,58 m²
Suite
6
Rp. 1.850.000 ++
69,70 m²
  1.  Fasilitas Kamar
    1. Superior
        Superior berjumlah 109 unit,  50 unit di tipe SPRT (Superior Twin) dan 59 unit di tipe SPRD atau superior double. Kamar tipe superior ini berada di lantai 1Fasilitas kamar Superior meliputi pilihan double bed atau Twin Bed, Pillow, Wadrobe,Dressing Table, Small Chair, Night Lamp, Standing Lamp, Trash bin, Hanger, Television 46”, telephone, AC, Safety Box, Free Wi-Fi , Water Heater, TV Cable, Kitcehn set yang berisi Coffee set untuk 2 orang dan 2 botol air mineral, Mini Bar, Guest Supplies.                     






Gambar 2.2 Superior Room
Sumber:Doc Hotel
Gambar 2.3 Bath Room
Sumber:Doc Hotel

    1. Deluxe
      Kamar tipe deluxe ini berjumlah 15 unit, 6 unit di tipe DLXT atau Deluxe Twin dan 9 unit di tipe DLXD atau Deluxe Double. Tipe deluxe sama memiliki kapasitas 2 pax seperti Superior tetapi yang membedakannya yaitu di tipe ini memiliki bathub, full amenities & full Guest supliess.Fasilitas kamar deluxe meliputi Free Wi-Fi, Water Ceatle, TV Cable,  Kitcehn set yang berisi Coffee set untuk 2 orang, Individual Air Conditioning, Mini Bar, Rate yang diberikan hotel untuk tipe superior yaitu Rp.1.50.000++ di harga publish nya.                



       Gambar 2.4 Deluxe Single Room
                     Sumber:Doc Hotel
Gambar 2.5 Deluxe Twin Room
            Sumber:Doc Hotel




    1. Grand Deluxe
       Kamar tipe grand deluxe ini berjumlah 41 kamar yang menyebar dari lantai 2 hingga lantai 4 yang tiap lantainya memiliki 2 unit tipe grand deluxe. di dalamnya memiliki bath room , balcony kemudian di bath room tersedia bathub, full amenities & full Guest supliess. Fasilitas kamar Grand deluxe meliputi Free Wi-Fi, Water Ceatle, TV, Cable,  Kitcehn set yang berisi Coffee set untuk 2 orang, Individual Air Conditioning, Mini Bar,Rate yang diberikan hotel untuk tipe superior yaitu Rp.1.200.000++ di harga publish nya.

    1. Junior Suite
      Kamar tipe Junior Suite ini berjumlah 6 unit yang menyebar dari lantai 2 hingga lantai 4 yang tiap lantainya memiliki  2 unit kamar tipe Junior suite. Dialamnya memiliki 2 Bath Room yang berkapasitas untuk 5 pax, fasilitas nya meliputi Free Wi-Fi, Water Heater, TV Cable, Indiviual Air Conditioning, Refrigerator, Hair Dryer, Living Room,Rate yang diberikan hotel untuk tipe Junior Suite ini yaitu Rp.1.850.000++ di harga publish nya.






Gambar 2.6 Suite Room             Sumber:Doc Hotel

Gambar 2.7 Living Room
Sumber:Doc Hotel




Gambar 2.8 Bathub
Sumber:Doc Hotel


            
3. Restaurant yang ada di Sutan Raja Hotel And Convention Centre sebagai berikut:
    1. Wastu Kencana Restaurant
Description: sr.restauran lantai 1.jpg
Gambar : 2.9 Wastu Kencana Restaurant
Sumber : Dokumen Hotel
                Bagi para tamu yang ingin memenuhi kebutuhan food atau makanan, di Sutan Raja Hotel. Wastu Kencana restaurant adalah restoran yang telah di sediakan oleh pihak hotel, restoran ini menyediakan berbagai jenis makanan mulai dari khas sunda sampai khas luar negeri, biasanya tamu sering makan pagi ataupun siang di restoran ini, di restaurant ini juga disediakan untuk memenuhi kebutuhan para tamu group atau walk in,  restaurant ini terletak di lobby level buka dari jam 06:00 s/d 10:00. jika menggunakan room service avaible 24 hours.
    1. Surya Kencana Restaurant
Description: IMG_1141.JPG
Gambar 2.10 Surya Kencana Restaurant
Sumber : Dokumen Hotel

 Surya Kencana Restaurant adalah restoran yang menyediakan makanan dan minuman khas kebarat baratan / westren .restaurant ini juga kadang – kadang dijadikan tempat untuk lunch dan dinner tamu, baik individu maupun group .yang terletak dilantai atas dekat lobby.
    1. Saung Raja Restaurant
Description: sr.saung raja.jpg
Gambar 2.11 Saung Raja Restaurant
Sumber : Dokumen Hotel
     Saung Raja Resto adalah restaurant yang menyedikan makanan dan minuman Khusus Sunda, dengan dekorasi Sunda, restoran ini kadang bisa di sewa untuk wedding party, brithday party kemudian untuk lunch, dinner baik individu maupun Group. yang terletak sebelah swimming pool.
  1. Outdoor Swimming Pool (Kolam Cinta)
Description: sr.kolam renang.jpg
Gambar  2.12 Outdoor Swimming Pool
Sumber : Dokumen Hotel
        Outdoor swimming pool adalah kolam renang yang berada di area luar hotel.dengan demikian pengunjung dapat menikmati suasana luar hotel yang sejuk dan indah, Swimming Pool di buka untuk umum maupun untuk Tamu Hotel ,namun bagi tamu Hotel dapat Mengakses fasilitas ini dengan Bebas di karenakan sudah termasuk ke dalam harga kamar.

  1. Meeting Rooms And Ballroom
Description: IMG_0944.JPG
Gambar 2.13 Ballroom
Sumber: Dokumen hotel

      Meeting rooms dan ballrroms adalah salah satu fasilitas yang disediakan pihak hotel untuk kepentingan rapat, seminar maupun kegiatan lainnya. Sutan Raja Hotel and Convention Centre memiliki 14 meeting rooms yaitu
  1. Brawijaya berkapasitas 40 orang
  2. Mulawarman berkapasitas 35 orang
  3. Purnawarman berkapasitas 35 orang
  4. Syailendra berkapasitas 35 orang
  5. Linggajaya berkapasitas 10 orang
  6. Airlangga berkapasitas 10 orang
  7. Hayam Wuruk berkapasitas 10 orang
  8. Sanjaya berkapasitas 8 orang
  9. Dharmawangsa (VIP) berkapasitas 35 orang
  10. Sriwijaya berkapasitas 8 orang
  11. Balitung berkapasitas 10 orang
  12. Srijaya Naga berkapasitas 35 orang
  13. Djaya Dewata berkapasitas 35 orang
  14. Majapahit berkapasitas 8 orang

  1. Fitness Centre
Description: sr.fitnes.JPEG
Gambar 2.14 Fitness Centre
Sumber: Dokumen hotel
        Fitness Centre merupakan salah satu fasilitas olah raga yang ada di Sutan raja hotel selain fasilitas lainnya, Fitness Centre Terletak di dekat fasilitas Swimming Pool dengan arah yang sama pula, Fasilitas Fitness Centre ini di buka untuk umum maupun untuk Tamu Hotel ,namun bagi tamu Hotel dapat Mengakses fasilitas ini dengan Bebas di karenakan sudah termasuk ke dalam harga kamar.
  1. Family Karoke
Description: IMG_1140.JPG
Gambar :2.15 Family Karoke
Sumber : Dokumen Pribadi
      Ruang karaoke keluarga dengan interior yang memberikan kesan mewah.
  1. Jogging Track
            Area atau zona yang digunakan para tamu untuk berlari-lari kecil mengelilingi area hotel dengan nuansa yang menarik.



  1. Kids Room
Description: IMG_1121.JPG
Gambar  2.16 Kids Room
Sumber : Dokumen Pribadi
            Area indoor yang disediakan pihak hotel dan dilengkapi dengan wahana permainan anak-anak.
  1. Music Hall
Description: IMG_1139.JPG
Gambar  2.17 Music Hall
Sumber : Dokumen Pribadi
            Ruangna yang biasa digunakan sebagai ruangan hiburan dengan memadukan musik.
  1. Salon And Reflexiology
Description: IMG_1119.JPG
Gambar 2.18 Salon And Reflexiology
Sumber : Dokumen Pribadi
Salon and reflexiology dapat memanjakan tamu lebih merasa rillek.

  1. Souvenir Shop
     Toko yang disediakan pihak hotel untuk menjual berbagai cendramata yang bernuansa product hotel.
  1. Wedding Galery
Description: IMG_1042.JPG
Gambar  2.19 Wedding Galery
Sumber : Dokumen Pribadi
             Toko yang menjual  berbagai barang yang berkaitan dengan acara pernikahan seperti gaun pengantin, foto pre-wedding dan lain-lain.
  1. Large Parking Area
Description: IMG_1147.JPG
Gambar : 2.20
Sumber : Dokumen Pribadi        
               Area parkir yang luas juga dapat memberikan kesan nyaman kepada pihak tamu yang datang ke hotel.Para pengunjung  yang mempunyai kendaraan tidak perlu khawatir, karena telah disediakannya basement atau tempat parkir untuk tamu,  ataupun staff hotel. Adapun kantor-kantor atau office yang  berada di di basement 1&2 yakni office store, office purchasing dan Employe Dinning Room . dan terdapat fasilitas locker untuk karyawan.

D.  Struktur Organisasi Housekeeping
     Dalam suatu perusahaan, struktur organisasi sangat penting karena organisasi adalah bentuk atau susunan orang-orang atau badan-badan dengan tugas pokok dan fungsi tertentu dan diatur prosedurnya, serta terdapat hubungan serta kerja sama beberapa orang guna mencapai suatu tujuan bersama. Dari pengertian diatas Hotel dapat di katakana sebagai sebuah organisasi atau lebih tepatnya organisasi komersial. Berikut adalah struktur organisasi housekeeping di Sutan Raja Hotel & Convention Centre :

Bagan 2.1
Struktur Organisasi Housekeeping Departement





















E. Uraian Tugas Jabatan

  1. Executive Housekeeper
    Bertanggung jawab kepada GM, tugas utamanya adalah terlaksananya operasional baik secara teknis maupun secara administrative untuk kelancaran operasional hotel secara keseluruhan. Mengontrol expenses agar tidak ovebudged. Memberikan report- report secara berkala kepada management. Selain itu mengawasi seluruh staff Housekeeping department. Menjadi bagian Departmental trainer.
  1. Assisten Executive Housekeeper
                              Membantu Executive Housekeeper terhadap penyusunan program perawatan atau perbaikan yang bersangkutan dengan area. Melakukan pengawasan terhadap penggunaan peralatan yang disediakan untuk operasional di Housekeeping sehingga berfungsi sesuai standar yang di tentukan. Mengontrol laundry pada saat operasional dan mengeluarkan par stock towel dan sheet jika kekurangan. Membantu Executive Housekeeper dalam menyusun laporan bulanan Housekeeping. Mewakili Executive Housekeeper serta tugas dan tanggung jawabnya pada saat ketidak hadirannya. Memberikan morning breefing kepada staf-staf housekeeping. Melakukan pengontrolan, permintaan barang atau pembelian barang-barang yang diperlukan dalam operasional sehari-hari di housekeeping, seperti Guest. Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan sendiri.
  1. Floor Supervisor
   Bertanggung jawab kepada Exc. Housekeeper dan Ass. Exc. Housekeeper. Tugas utamanya menjaga kelancaran difloor sesuai dengan area kerjanya. Menjamin semua Roomboy/roomaid bekerja sesuai dengan standar. Membuat perubahan status kamar, melakukan inventori linen supplies dan guest supplies. Termasuk kepada departmental trainer.



  1. Public Area Supervisor
      Seperti halnya Floor Spv, PA Spv mempunyai tugas mengawasi dan mengontrol para attendant dalam melaksanakan tugasnya. Mengontrol semua area kerja sehingga terjamin kebersihan, keindahan ,kenyamanan area hotel. Membuat laporan secara berkala dan mengontrol pemakaian chemical serta penggunaan peralatan secara benar. PA Spv termasuk kepada Departmental trainer. Bertanggung jawab kepada Exc. Housekeeper.
  1. Leader Room Attendant
     Tugas utamanya membantu Floor Suvervisor dengan tidak sepenuhnya dan menjaga kelancaran di floor sesuai dengan area kerjanya. Menjamin semua Roomboy/roomaid bekerja sesuai dengan standar. Membuat perubahan status kamar, melakukan inventori linen supplies dan guest supplies. Termasuk kepada departmental trainer.
  1. Linen Supervisor
     Bertanggung jawab kepada Exc. Housekeeper dan Ass. HK Manager. Tugas utamanya adalah menjaga kelancaran sirkulasi linen, menjamin kebersihan dan kelayakan semua linen, inventory linen yang OO. Membuat report kegiatan linen secara berkala.
  1. Order Taker
     Tugasnya adalah menerima seluruh telepon baik dari kamar (tamu) maupun dari seluruh linen telepon yang masuk ke housekeeping untuk di catat seluruh permintaan tersebut untuk disampaikan dengan bagian terkait. Mencatat dan menyimpan Lost & Found, menyimpan berkas worksheet roomboy dan floor supervisor, membuat HK Report.
  1. Leader Pulic Area Attendant
     Tugas utamanya membantu Public Area Supervisor dengan tidak sepenuhnya, mengawasi dan mengontrol para attendant dalam melaksanakan tugasnya. Mengontrol semua area kerja sehingga terjamin kebersihan, keindahan, kenyamanan area hotel. Membuat laporan secara berkala dan mengontrol pemakaian chemical serta penggunaan peralatan secara benar. PA Spv termasuk kepada Departmental trainer.
  1. Room Attendant
  Tugasnya adalah membersihkan semua kamar tamu (Guest Room) yang menjadi area kerjanya sesuai dengan worksheet yang di buat oleh ordertaker. Selain itu menjaga kebersihan setiap koridor kamar dan pantry. Melaporkan barang yang tertinggal (Lost & Found), melaporkan kelengakapan kamar apabila ada yang di bawa oleh tamu untuk di charge. Seorang Rooom Attendant bertanggung jawab kepada Floor Spv dan Exc. Hk/Ass. Hk.
  1. Linen Keeper
       Bertanggung jawab terhadap semua jenis linen yang dibutuhkan oleh hotel, semua pakaian seragam kerja seluruh karyawan hotel, mengatur linen-linen yang sudah bersih dan menempatkan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
  1. Florist
     Bertugas menyiapkan bunga-bunga untuk acara yang ada di setiap function, memeriksa secara teliti atas kamar-kamar yang akan di gunakan hari itu dan mencatat jumlah kamar yang memerlukan penataan bunga. Menyiapkan rangkaian bunga untuk kamar-kamar, terutama VIP dan yang mendapat catatan khusus, melakukan permintaan (order) bunga hiasan/dekorasi sesuai dengan jadwal yang di tentukan. Bertanggung jawab atas seni keindahan dan estetika dekorasi dengan bunga, memenuhi secara khusus untuk penataan dekorasi untuk acara banquet bila di perlukan dan selalu memeperhatikan kebersihan dan kerapihan ruangan kerja florist setiap hari.
  1. Senior Pool Attendant
    Tugasnya membantu Pool Attendant dengan tidak sepenuhnya, memeriksa air kolam dengan test kit dan hasilnya di catat, apabila hasilnya kurang bagus perlu penambahan obat-obat yang di perlukan sesuai dengan kondisi air tersebut hinga menjadi sempurna kembali. Membersihkan lantai tepi kolam renang dan seluruh furniture di area pool side dan membersihkan public toilet swimming pool, pengawasan tamu-tamu pada saat mereka sedang berenang (Life Guard),  pengiriman pool towel yang kotor ke bagian linen/laundry untuk di cuci.

  1. Linen Attendant
     Mengumpulkan data-data permintaan dari room linen, guest supplies, room supplies serta fuit basket untuk dikeluarkan dan didistribusikan, mengecek stock barang yang ada di linen room untuk keperluan pengisian par stock. Menulis permintaan barang-barang ke General store dan meneruskannya kepada atasan untuk mendapat persetujuan, menyiapkan pengisian shampoo, bath foam, dan guest supplies dan room aminities lainnya. Mengecek dan menata inventory room linen yang di simpan di linen serta penjagaan par stock yang telah di tetapkan dan membantu House Valet atau bagian lainnya bila diperlukan.
  1. Public Area Attendant
    Menjalankan semua tugas yang diarahkan oleh PA Spv, untuk membersihkan, merawat, memelihara area-area umum hotel. Melaporkan apabila menemukan barang-barang tamu yang tertinggal untuk dicatat dalam Lost & Found record. PA Attendant bertanggung jawab kepada PA Spv dan Exc. HK/Ass. HK
  1. Gardener
    Melaksanakan kebersihan, merawat dan memelihara seluruh tanaman baik yang ada di dalam pot maupun di taman. Melaksanakan kebersihan seluruh halaman atau area parkir tamu hotel. Memanfaatkan, memelihara, merawat dan mengembangkan tanaman untuk Mini Garden, mencuci dan membersihkan tempat sampah.
  1. Pool Attendant
     Tugasnya memeriksa air kolam dengan test kit dan hasilnya di catat, apabila hasilnya kurang bagus perlu penambahan obat-obat yang di perlukan sesuai dengan kondisi air tersebut hinga menjadi sempurna kembali. Membersihkan lantai tepi kolam renang dan seluruh furniture di area pool side dan membersihkan public toilet swimming pool, pengawasan tamu-tamu pada saat mereka sedang berenang (Life Guard), pengiriman pool towel yang kotor ke bagian linen/laundry untuk di cuci.

  1. Linen Runner
  Tugasnya adalah mengumpulkan linen dan menghitung jumlah linen tersebut, seperti bath towel, bath mat, sheet, duvee. Melengkapi towel/guest aminities yang kurang di kamar sebelum tamu chek in, mengambil request guest aminities, supplies yang telah di pesan oleh roomboy/roomaid, untuk ketersediaan di trolley. Menungu telephone di office dari guest maupun operator untuk menangani keperluan tamu di housekeeping, ataupun untuk make up kembali kamar tersebut.























BAB III
PEMBAHASAN

  1. Pengertian Housekeeping
      Housekeeping  menurut “ Marra Widjaya-Usin S. Artyasa ( 2005 : 21) yaitu : “ Housekeeping atau biasa disebut Tata Graha merupakan salah satu bagian yang ada didalam struktur yang mengenai hal-hal yang berkaitan dengan keindahan, kerapihan, kebersihan, kelengkapan serta kesehatan dan estetika seluruh kamar”.
  1. Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping
  Adapun tugas dan tanggung jawab Housekeeping lainnya, yaitu :
  1. Menciptakan suasana Hotel yang bersih, menarik, nyaman, dan aman.
  2. Memberikan pelayanan kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu, supaya merasa puas saat berkunjung maupun menginap di hotel.
  3. Penyiapan, penataan, dan pemeliharaan kamar- kamar
  4. Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan ruangan umum hotel.
  5. Melaporkan dan membawa lost and found pada Supervisor
  6. Mengenakan seragam hotel, sepatu dan kaos kaki yang ditentukan
  1. Peraturan kerja ( meliputi sikap dan perilaku )
    Adapun ketentuan–ketentuan atau peraturan kerja Housekeeping Department, antara lain:
  1. Harus datang 15 menit lebih awal untuk mengikuti morning Briefing .
  2. Tidak boleh menyalakan Handphone selama Briefing berlangsung.
  3. Harus berdiri tegak dan tidak bersandar ke dinding.
  4. Harus selalu mengangkat tangan sebelum menjawab atau bertanya.
  5. Harus selalu meminta ijin bila ingin meninggalkan Briefing untuk ke toilet.
  6. Harus mengetuk pintu serta mengucapkan “permisi” sebelum masuk ke dalam ruangan selama Briefing berlangsung.
  7. Harus selalu mengucapkan salam/tersenyum bila bertemu dengan orang.
  8. Mengenakan seragam hotel, sepatu dan  kaos kaki yang ditentukan (Grooming)
  9. Segera melaporkan kepada Supervisor atau kantor tata graha jika menjumpai tamu yang sakit dan  hal–hal yang mencurigakan misalnya pencuri.
  10. Melaporkan  pekerjaan yang belum selesai pada shift berikutnya.
  11. Melaporkan dan membawa lost and found kepada Supervisor.
  12. Dilarang meninggalkan roomboy section atau tempat tugas tanpa izin supervisor.
  13. Dilarang merokok dan berbicara keras-keras ditempat tugas hingga mengganggu  kenyamanan tamu.
  14. Dilarang  menghidupkan television kamar.
  15. Dilarang mengajak teman berkunjung kedalam  hotel.
  16. Dilarang menggunakan  guest lift.
  17. Dilarang meninggalkan hotel dengan  seragam dan  membawa kunci kamar (master key)
  1. Pembagian kerja
    Jadwal pelaksanaan prakerin di Sutan Raja Hotel yaitu berlangsung selama empat bulan yang di mulai dari tanggal 15 Desember 2016 sampai dengan15 April 2017. Dengan jadwal yang telah di tentukan oleh pihak industri, seorang room boy/ room maid pada department housekeeping antara lain sebagai berikut:
1. Morning shift
    1. Morning Briefing
    2. Prepare
    3. Check status I & check guest laundry report ke OT, untuk status II dari OT ke FO & Accounting, dan guest laundry direct to laundry
    4. Cleaning corridor (Morning)
    5. Make up Room
    6. Cleaning corridor ( afternoon)
    7. Cleaning pantry & set up trolley (prepare for tomorrow)
    8. Check status III report ke OT, dari OT & Acconting.
2. Evening Shift
    1. Follow up status III dari OT
    2. Handling request from the guest
    3. Turn down/open bed service untuk kamar yang stay
    4. Prepare extra bed
    5. Project for guest room
    6. Cleaning Housekeeping Office
    7. Report to OT.
3. Night shift   
    1. Handling request from the guest
    2. Cleaning Housekeeping Office
    3. Project for guest room
    4. Prepare linen to pantrys
    5. Prepare room list for supervisor
    6. General manager office

Pada saat penulis melaksanakan prakerin penulis berkeja pada pagi hari (morning shift) dan siang hari(midlle shift). Penulis diberikan section 20 kamar setiap hari nya.
  1. Prepare troley
  2. Check status I & check guest laundry report ke OT, untuk status II dari OT ke FO & Accounting, dan guest laundry direct to laundry
  3. Cleaning corridor (Morning)
  4. Make up Room
  5. Cleaning corridor ( afternoon)
  6. Cleaning pantry & set up trolley (prepare for tomorrow)
  7. Check status III report ke OT, dari OT & Acconting.





  1. Peralatan dan bahan pembersih yang digunakan pada saat proses Make Up Room
     Adapun beberapa peralatan dan bahan pembersih yang digunakan room boy/room maid pada saat membersihkan kamar, adalah sebagai berikut :
  1. Cleaning Material
Chemical yang dipergunakan untuk membersihkan kamar antara lain :
  1. Chemical untuk membersihkan Toilet Bowl,
  2. Lime Away untuk cleaning Ketle (untuk general cleaning)
  3. Helios Metal Polish untuk daily cleaning,
  4. Sunlight dipergunakan untuk membersihkan kotoran pada lantai, dinding bath room, bathub, wash bashin, agar mengkilap pada seluruh permukaan,
  5. Shine up dipergunakan untuk mengangkat kotoran pada permukaan kayu, sekaligus melapisi dan mengkilapkan permukaan kayu,
  6. Glass cleaner dipergunakan untuk membersihkan kaca, sekaligus mencerahkan kaca dan tidak merusak permukaan kaca yang dibersihkan.
  1. Cleaning Equipment
Cleaning tools yang dipergunakan diantaranya :
  1. Squeeze
  2. Sponge
  3. Dust Cloth
  4. Stick Mooving
  5. Glass Cloth
  6. Toilet Bowl Brush
  7. Spotting Brush
  8. Hand Glove
  9. Vacuum Cleaner
  10. Trolley


  1. Cleaning Supplies
  1. Sheet Double, Sheet Single, Pillow Case, Duvet, Inner Duvet, Bath Towel, Face Towel, Hand Towel, Bathmath.
  2. Amenities : Soap, Bath Foam, Shampoo, Tooth Brush, Dispossal Bag, Shower Cap, Cotton Bud, Comb.
  3. Guest Supplies : Mineral Water, Coffee set, Bathrobe, Slipper, Laundry Bag, Shoe Shine, Tissue Box, Tissue Roll.

  1. Peralatan Kerja
Tabel 3.1 Peralatan Kerja
Sumber: Dokumen Hotel

NO
NAMA
GAMBAR
1
Bucket

bucket.jpg
Gambar : 3.1
Sumber:www.peralatan.com
2
Bottle Sprayer

botol sprayer 2.jpg
Gambar : 3.2
Sumber:www.peralatan.com
3
Toilet Bowl Brush

brush.jpg
Gambar : 3.4
Sumber:www.peralatan.com
4
Carry Caddy

caddy bucket 1.jpg
Gambar : 3.5
Sumber:doc hotel
5
Dust pen & Broom

dust pn & broom.jpg
Gambar : 3.6
Sumber:www.peralatan.com
6
Dust Cloth

dustcloth.jpg
Gambar : 3.7
Sumber:www.peralatan.com
7
Hand Gloves

hndglvs.jpg
Gambar : 3.8
Sumber:www.peralatan.com
8
Trolley Public Area

images (1).jpg
Gambar : 3.9
Sumber:www.peralatan.com
9
Floor Polisher Machine

karcher-bdp43410c-floor-polisher-119.jpg
Gambar : 3.10
Sumber:www.peralatan.com
10
Lobby Duster

mopp.jpg
Gambar : 3.11
Sumber:www.peralatan.com
11
Pad

pad.jpg
Gambar : 3.12
Sumber:www.peralatan.com
12
Hand Brush

sikat tangan.jpg
Gambar : 3.13
Sumber:www.peralatan.com
13
Spoonge

spoonge.jpg
Gambar : 3.13
Sumber:www.peralatan.com
14
Wet Vacuum

taurus-ir-2-way (1).jpg
Gambar : 3.14
Sumber:www.peralatan.com
15
Trolley Room Boy

trolley.jpg
Gambar : 3.15
Sumber:Doc Hotel
16
Trolley Linen

trolleyy.jpg
Gambar : 3.16
Sumber:www.peralatan.com
17
Floor Sign

Wet Floor Sign.jpg
Gambar 3.17
Sumber:www.peralatan.com
18
Squezee

window squeeze 45 cm.jpg
Gambar 3.18
Sumber:doc hotel


  1. Lembar Formulir
  1. Refused Form
      Refused form ini digunakan untuk jika tamu menolak untuk dibersihkan kamarnya dan jika tamu ingin dibersihkan kamarnya bisa langsung menghubungi Housekeeping.
Gambar 3.19 Refused Form
Sumber : Dokumen Hotel




  1. Balcony Key Request Form
Balcony key request form ini digunakan jika tamu meminta kunci balkon.
Gambar 3.20 Balcony key request form
Sumber : Dokumen Hotel

  1. Lost & Found Form
    Lost & found form ini digunakan bila seorang room boy/ room maid menemukan barang tamu yang tertinggal dikamar lalu room boy/ room maid membuat lost&found form agar jika tamu kembali ke hotel untuk menanyakan barangnya yang tertinggal dihotel masih ada atau tidak hilang.
Gambar 3.21  Lost & Found Form
Sumber : Dokumen Hotel



  1. Guest Loan Item Form
    Guest Loan Item Form ini digunakan jika ada tamu yang meminta untuk meminjam barang yang terkena cas/ tidak terkena cas
Gambar 3.22  Guest Loan Item Form
Sumber : Dokumen Hotel

  1. Maintenance Order Form
    Maintenance order form ini digunakan jika ada kerusakan dikamar agar segera direport oleh order taker ke Dept. Engineering dan langsung dicek kerusakannya.
Gambar 3.23  Maintenance order form
Sumber : Dokumen Hotel




  1. Don’t Disturb Form
Don’t disturb form ini digunakan jika tamu memasang tanda untuk tidak di ganggu, jika tamu ingin kamarnya dibersihkan bisa menghubungi Housekeeping dan form ini diberikan kepada tamu dibawah pintu.
Gambar 3.24  Don’t disturb form
Sumber : Dokumen Hotel

  1. Guest Supplies Room Attendant Report
    Form ini di gunakan oleh room attendant untuk mengisi guest supplies yang telah di isi di kamar.
Gambar 3.25  Guest Supplies Room Attendant Report
Sumber : Dokumen Hotel
  1. Laundry, Dry Cleaning & Pressing Form
Form ini digunakan untuk mengisi nama item guest laundry.

Gambar 3.26  Laundry, Dry Cleaning & Pressing Form
Sumber : Dokumen Hotel


  1. Work sheet Room Attendant
    Form ini di gunakan untuk mencatat segala room status untuk kamar yang di bersihkan.
Gambar 3.27 Work sheet Room Attendant
Sumber : Dokumen Hotel



  1. Standar Operasional Prosedur (SOP)
  1. Set up Trolley
         Pada saat sesudah briefing, room maid/room boy langsung mengisi linen, amenities set, atau guest supplies yang kurang ke trolley dan room maid/room boy segera menuju ke kamar yang akan dibersihkan.
  1. Entering the Room
        Ketuklah pintu atau menekan bel sambil menyebutkan jati diri, misalnya “Housekeeping” sebanyak 3x.
  1. Turn On the Light
        Nyalakan semua lampu untuk memeriksa apakah ada yang rusak atau putus. Kalau ada kerusakan, laporkan ke order taker untuk di teruskan ke engineering.
  1. Take a Good Look
        Amati seluruh ruangan, mungkin ada hal-hal yang perlu diperhatikan terutama kamar yang baru check out. Barang kali ada barang tamu yang tertinggal atau barang hotel yang mengalami kerusakan atau juga terbawa tamu. Jika terjadi hal-hal tersebut segera laporkan ke Front Office.
  1. Open the Window Curtain and the Window
        Bukalah lebar-lebar tirai jendela (night, dan glass curtain), lalu buka jendela kamar agar udara dalam kamar berganti dengan udara segar, kalau ruangan memakai AC maka matikan terlebih dahulu AC nya.
  1. Cleaning up
        Lipat dan rapikan pakaian tamu yang berserakan lalu bersihkan asbak, gelas-gelas kotor, susun majalah,  koran atau buku dan tempatkan di writting table.
  1. Gathering Solid Linen
        Tarik linen-linen kotor, untuk sprai kibaskan dulu agar kalau ada barang tamu atau perhiasan tamu yang tertinggal dapat langsung terlihat. Perhatikan juga kondisi linen yang sobek atau ternoda dipisahkan atau diberi tanda, lalu masukkan linen kotor tadi kedalam trolley.

  1. Saving Step
        Setelah menyimpan linen kotor kedalam trolley bag, lalu kembali lagi dengan membawa linen-linen bersih dan perlengkapan guest supplies.
  1. Entering the Bathroom
        Buanglah seluruh kotoran sabun ataupun sampah, ambil handuk yang kotor dan ganti dengan yang baru.
  1. Clean the Bathroom
  1. Bersihkan shower curtain,
  2. Bersihkan dinding kamar mandi dan tempat sabun,
  3. Cuci bath tub, chain stopper, grabber, water taps, dll,
  4. Bersihkan rak handuk.
  1. Clean Toilet Bowl and Bidet
Bersihkan bagian dalam dan luarnya.
  1. Clean wash bashin
  1. Cuci asbak dan gelas dengan air panas dengan detergen lalu bilas dan keringkan lagi,
  2. Bersihkan kaca atau cermin,
  3. Bersihkan wash bashin, stopper dan counter.
  1. Clean the bathroom floor
  1. Sapu lantai kamar mandi,
  2. Lalu dimop atau disikat,
  3. Bersihkan pintu handlenya,
  4. Lengkapi guest supplies dan linen supplies.








  1. KEGIATAN DI  HOTEL
Tabel 3.2 kegiatan di hotel
Sumber: dokumen pribadi

No
Tgl
Jam
Uraian Kegiatan
1.
15-12-16/
15-01-17
08.00-16.00
  • Menangani laundry (pada saat penulis di bagian linen, penulis harus sigap untuk menangani laundry hotel maupun guest laundry. Penulis ditugaskan untuk mengawasi penghitungan laundry , pick up laundty dan penghitungan biaya laundry yang di catat pada log book laundry)
2.
16-01-17/
15-02-17
08.00-16.00
  • Make Up Room(penulis diberi kesempatan untuk membantu pekerjaan roomboy/roommaid yang bertugas, seperti making bed, cleaning bath room, dusting and vacuuming carpet kamar sehingga pekerjaan roomboy dapat segera selesai dan penulis mendapat banyak ilmu tentang tugas seorang roomboy)
3.
16-02-17/
15-03-17
08.00-16.00
  • Cleaning public area(penulis ditugaskan untuk membersihkan seluruh public area , toilet guest, koridor, lounge, balcon, standing aashtray dan lain-lain. Setelah selesai membersihkan semua public area, penulis harus mengecek ulang untuk mengontrol keadaan hotel agar tetap terjaga kebersihannya) dan mengisi cleaning daily report
4
16-03-17/
15-04-17
08.00-16.00
  • Make Up Room(penulis diberi kesempatan untuk membantu pekerjaan roomboy/roommaid yang bertugas, seperti making bed, cleaning bath room, dusting and vacuuming carpet kamar sehingga pekerjaan roomboy dapat segera selesai dan penulis mendapat banyak ilmu tentang tugas seorang roomboy)

  1. Kendala – Kendala yang dihadapi Attendant di Sutan Raja Hotel & Convention Centre
  1. Tidak terlihatnya saluran arus listrik di tiap koridor yang dapat menghambat kinerja para Roomboy karena setiap akan memvacuum koridor dan roomboy terpaksa harus mengambil arus listrik dari kamar.
  2. Pembayaran Guest Laundry ke pihak Outsourching / Vendor lumayan besar.
  3. Equitment / Peralatannya belum komplit.

  1. Pemecahan Masalah
  1. Dari pihak Enginnering dapat menyediakan pemasangan saluran arus listrik di setiap koridor minimal di setiap koridor ada 3 atau 4 saluran arus listrik lebih terlihat oleh orang-orang.
  2. Pencucian Guest Laundry sebaiknya pihak Department memiliki mesin cuci supaya Guest Laundry bisa di cuci oleh Housekeeping sendiri tidak perlu keluar dari hotel agar pembayaran tidak terlalu besar.
  3. Dari pihak management harus bisa secepatnya menyediakan kebutuhan / kelengkapan yang dibutuhkan.

0 komentar:

Copyright © 2013 perhotelan